Rabu, 16 Maret 2016

Asmaulhussna (As Salam, Al- Ghafaar, Al-Waliyy, Al- Hafiz )



     Asmaulhussna (As Salam, Al- Ghafaar, Al-Waliyy, Al- Hafiz )
oleh : Fazar Sodik
 
Assalamualaikum Wr. wb.
alhamdulilahirobil alhamdulilahiladi hadanalihad wamakunalinahtadialaulah anadanaulah, ashaduallailahailaulah  washaduannamuhammadarasulullah, allahuma soliwasalim alasaidina wamaulana Muhammad, amabadu.
qolaullahutaala Filkitabihil karim:
ƒ
          yang saya Hormati …………
          yang kami muliakan…………
          yang kami Banggakan……….
Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada allah yang telah memberikan nikmat iman, islam dan hidayah kepada kita sehingga kita bias berkumpul di majlis mulia ini.

Solawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada baginda alam, kekasih allah tercinta nabi besar, nabi Mulia nabi Muhammad Saw. kepada para keluarganya sahabatnya , tabiin dan tabiaatnya dan semoga kepada kita umatnya aammiinn.

tema hari ini yaitu tentang 5 nama asma allah yang patut kita contoh.
Asmaulhusna adalah nama-nama allah yang semprna yang berjumlah 99 nama. Allah mendengar apapun yang dibicarakan makhluknya, dia melihat apapun yang dikerjakan makhluknya, tidak satupun mahluknya yang bisa bersembunyi darinya, tidak ada satupun makhluk yang serupa denganya, dan tidak ada satupun makhluk yang bisa menandinginya, bahkan allah tau apa yang di pikirkan dalam hati kita sekarang. itulah sifat sifat allah dan nama-namanya adalah asmaulhusna.
Allah Berfirman : (Q.S. al- Araf ayat 180)

Artinya “  Hanya milik Allah asmaa-ul husna[1], Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya[2]. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan”.
[1]  Maksudnya: nama-nama yang Agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah.
[2]  Maksudnya: janganlah dihiraukan orang-orang yang menyembah Allah dengan nama-nama yang tidak sesuai dengan sifat-sifat dan keagungan Allah, atau dengan memakai asmaa-ul husna, tetapi dengan maksud menodai nama Allah atau mempergunakan asmaa-ul husna untuk nama-nama selain Allah.
           
1.      As-salam ( Pemberi Keselamatan )

Artinya As-salam adalah allah maha pemberi keselamatan kepada setiap makhluk. Tidak ada satupun makhluk yang bisa menyelamatkan diri sendiri.
Kita aja nih disinih yang ada disinih belum tentu nanti pulang sampai selamat ke rumah, bisa saja kita pulang hanya membawa nama saja, Allah yang maha pemberi keselamatan, alhamdulilah tadi dari rumah ke tempat ini kita masih diberikan keselamatan oleh Allah swt. 

Contoh kita lihat kisah nabi Ibrahim As.
Raja Namrud yang membakar nabi Ibrahim karena nabi Ibrahim telah menghancurkan Patung Berhala yang biasa mreka sembah, Allah pun menyelamatkan nabi Ibrahim dari sengatan api yang sangat panas, api itu tidak membakar jasadnya akan tetapi menjadi adem seperti berada di taman-taman surga.

Kita harus mencontoh asma allah as-salam. untuk kehidupan sehari-hari kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu tindakan jangan ceroboh dan penuh kepanikan, kita harus lebih berhati hati  supaya selamat.

2.      Al-Waliyy ( Maha Pelindung)
Allah Maha pelindung Mahluknya. ( Q.S. Al-Baqoroh 257)

Artinya Allah pelindung orang-orang yang beriman; dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

          kisah yang bisa kita ambil dari sifat allah al-waliyy, ketika rosulullah saw dan sahabat Abu-bakar yang bersembunyi di gua Tsur karena di kejar-kejar orang-orang Qurais, Allah melindungi Rosul dan sahabat Abu bakar dengan memerintahkan Belalang ( Laba-laba) untuk membuat sangkar yag sangat rapat dan besar di pintu gua sehingga orang kafir menyangka tidak mungkin ada orang yang bisa masuk kedalam gua, kalau pun ada yang masuk mungkin sangkar ini akan rusak tetapi sangkar ini tidak ada kerusakan sedikitpun, dengan pemekiran tersebut orang kafir tidak masuk kedalam gua untuk mengejar Rosul dan Abu bakar.

          kisah yang kedua kisahnya ashabul kahfi dan anjing setianya.
Ashabul Kahfi hidup pada abad 4 sebelum Masehi pada masaitu dipimpin oleh raja Dikyanus seorang penyembah berhala, ia memaksa seluruh rakyatnya untuk menyembah berhaka Dikyanus mempunyai panglima perang yang bernama Yamilka panglima yang sangat cerdas gagah dan sangat di sayang oleh raja Dikyanus. Ternyata Yamilka diam diam membangun kekuatan pasukan untuk menghancurkan kerajaan, Yamilka adalah seorang penyembah allah yang taat. Mengetahui Yamilka membangun kekuatan untuk menghancurka kerajaan, raja Dikyanus marah dan memenjarakan Yamilka dan akan di hukum mati. Ternyata Allah melindungi Yamilka dia di bebaskan dari tahanan oleh putri raja kemudian dia bersama anjingnya bersembunyi di gua dan allah melindunginya dari pasukan Dikyanus. 

Yamilka tertidur di dalam Gua selama 309 tahun di temani anjing setianya.
Artinya :.  Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).
Kita harus mencontoh asma allah Al-Waliyy. sebagai seorang muslim kita wajib melindungi kepada sesama mahluk, yang besar melindungi yang kecil, seorang petani meindungi alam persawahanya, seorang presiden melindungi Rakyatnya, seorang ayah melindungi Keluarganya.
3.      Al- Ghafaar ( Yang Maha Pengampun )
Allah adalah tuhan yang sangat pengampun. pengampun atas segala dosa dan kesalahan yang diperbuat mahluknya,  ampunan Allah sangat luas walaupun Makluknya melakukan setinggi Gunung Kalimanjaru dan sedalam samudrapun kalau Manusia itu bertaubat Allah akan mengampuni dosanya.

Ada sebuah kisah dia adalah seorang penjahat yang telah membunuh 100 orang, diapun ingin bertaubat, dia berniat mendatangi Kiyai di desanya untuk membimbingnya bertaubat tetapi kiyai itu menyarankan orang itu untuk bergi ke desa sebrang yang banyak orang-orang soleh, agar si penjahat itu bisa diterima keberadaanya. Si penjahat itupun menuruti saran sang Kiyai untuk pergi ke Desa sebrang, di tengah perjalananya Ia meninggal, kemudian turun 2 Malaikat, malaikat kebaikan dan malaikat keburukan, kedua Malaikat itu berebut Jenajah penjahat itu. Kata malaikat Kebaikan ”dia pantas aku bawa kesurga”. kata Malaikat keburukan “ TIDAK ! dia lebih pantas dibawa oleh aku karena dia selama hidupnya banyak melakukan kejahatan dan telah membunuh 100 orang”. Kemudian datanglah malaikat Jibril Untuk menegahinya dengan membawa perintah dari allah, malaikat jibril menyuruh kepada mereka berdua untuk mengukur jarak jasad ini dari tempat di pergi dan tempat yang di tuju (tempat kebaikan). setelah di hitung ternyata jarak jasad ini lebih dekat kepada tempat kebaikan. maka malaikat kebaikan membawa jasad penjahat itu ke surga. 

Sebagai seorang muslim beriman kita harus mengambil pelajaran dari asma Allah yang al Ghafar, apabila ada seseorng yang melakukan kesalahan kepada kita, kita harus memaafkan kesalahan yang telah di perbuatnya, karena allah sangat suka hamba-hambanya yang pemaaf. 

4.      Al- Hafiz (Allah Maha Memelihara)

64.  Berkata Ya'qub: "Bagaimana Aku akan mempercayakannya (Bunyamin) kepadamu, kecuali seperti Aku Telah mempercayakan saudaranya (Yusuf) kepada kamu dahulu?"[759]. Maka Allah adalah sebaik-baik Penjaga dan dia adalah Maha Penyanyang diantara para penyanyang.

[759]  Maksudnya: bahwa Ya'qub a.s. tidak dapat mempercayakam Bunyamin kepada saudara-saudaranya, Karena dia kuatir akan terjadi kejadian seperti yang dialami oleh Yusuf dahulu.

82.  Dan kami Telah tundukkan (pula kepada Sulaiman) segolongan syaitan-syaitan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu, dan adalah kami memelihara mereka itu,
q.s al Muminun
9.  Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.
10.  Mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi,
11.  (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.

q.s anisa
58.  Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat.

q.s anu-nur
30.  Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih Suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat".


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda