Rabu, 16 Maret 2016

Hasil Penelitian Biologi Perkecambahan





Hasil Penelitian Biologi
Perkecambahan

 

Di Susun Oleh :
1.  Abdul Ghofur
2.  Fazar Sodik
3.  Saiful Ismail
4.  Suwendo


Xii ipa 2
Madrasah aliyah negeri 2 Kota Cirebon
Tahun 2014










BAB  I
                                                              PENDAHULUAN           

A.     LATAR BELAKANG MASALAH

Bukan barang tabu atau sesuatu yang asing jika saya menyebut biji kacang hijau.jika saya menyebut kacang hijau pasti anda langsung teringat dengan kolak kacang hijau yang rasana sangat enak dan kita juga sering menjumpai biji kacang hijau yang sudah berkecambah, misalnya didalam makanan nasi pecel. Tentu kita sering memakannya tapi apakah anda tau bagaimana proses biji kacang hijau menjadi kecambah? Mungkin sebagian dari anda ada yang mengetahui dan ada juga yang tidak mengetahui.

Karena bijji kacang hijau dan kecambah sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat maka kita harus berpikir kreatif bagaimana jika orang-orang setiap hari memerlukannya dan tidak ada distribusi? Anda harus bisa memanfaatkan keadaan ini seperti berwirausaha memproduksi biji kacang hijau dan kecambah yang unggul. Jika anda mampu memproduksi produk yang unggul tentu anda akan mendapatkan omset yang besar.

Produksi yang unggul itu bisa saja anda dapat jika anda mengerti bagaimana cara pertumbuhan kacang hijau yang baik dan benar. Dalam hal pertumbuhannya banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Faktor itu dibedakan menjadi 2 yaitu fak eksternal (dari luar) dan faktor internal (dari dalam). Faktor internal itu meliputi Gen dan Hormon,sedangkan faktor eksternal itu meliputi suhu,nutrisi (nutrisi ini dibagi menjadi 2 yaitu makro-mineral : C,H,O,N,P,S,K ; mikro-mineral : Fe,Mg,Mn,Zn…), Air,Kelembaban,Oksigen , dan Cahaya. Masing-masing mempunyai peran dan Cahaya memiliki banyak sekali peranan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Cahaya yang dibutuhkan tumbuhan tidak selalu sama pada setiap tanaman. Ada jenis-jenis tumbuhan yang memerlukan cahaya penuh dan ada pula yang tidak  untuk pertumbuhannya. Begitu pula dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kacang hijau yang akan mengalami perbedaan pertumbuhan dan perkembangannya jika diletakan ditempat yang intensitas cahayanya berbeda. Hal ini terjadi karena cahaya juga dapat menghalangi kerja hormon auksin (auksin tidak aktif) dan menghambat pertumbuhan. Tumbuhan yang diletakan ditempat yang gelap akan lebih cepat pertumbuhannya (etiolasi) dibandingkan tumbuhan yang diletakan ditempat bercahaya, namun kecambah yang diletakkan di tempat yang gelap akan tumbuh dengan  pucat, kurus dan daunnya tidak berkembang.

B.   RUMUSAN MASALAH
 Adakah pengaruh intensitas cahaya terhadap cepatnya perkecambahan?

C.   TUJUAN PENELITIAN
       Untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap cepatnya perkecambahan.

D.  MANFAAT PENELITIAN
           Dengan adanya penelitian ini menjadikan saya selaku penulis lebih mengerti mengenai pengaruh cahaya terhadap cepatnya perkecambahan yang kelak akan menjadi sebuah pengalaman yang menambah wawasan berpikir saya dan para pembaca.
          Dapat dijadikan sebuah pedoman untuk dapat memproduksi kecambah dengan produk lebih unggul dari yang ada saat ini.

      E.   BATASAN MASALAH
Batasan masalah dalam penelian ini adalah pengaruh intensitas cahaya terhadap cepatnya perkecambahan.







BAB  II
LANDASAN TEORI

A.    KAJIAN PUSTAKA
Pertumbuhan adalah bertambahnya massa,ukuran  dan volume dari sel yang bersifat irreversibel. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu eksternal dan internal. Fsktor internal itu meliputi Gen dan Hormon sedangkan faktor internal itu meliputi suhu,nutrisi,air,cahaya,kelembaban,dan oksigen.
Pertumbuhan tumbuhan terjadi karena adanya pertambahan jumlah sel dan pembesaran sel. Proses ini terjadi akibat pembelahan mitosis pada jaringan yang bersifat meristematis , contohnya pada ujung batang. Pada pembelahan tersebut dari satu sel akan dihasilkan dua sel anakan. Sel-sel anakan tersebut mempunya sifat genetik yang sama dengan induknya.

            PERKECAMBAHAN
Pada tumbuhan, pertumbuhan dan perkebangan diawali dengan perkecambahan biji. Perkeambahan dapat terjadi apabila kandungan air dalam biji semakin tinggi. Masuknya air ke dalam biji melalui proses yang dinamakan imbibisi. Air yang masuk akan memacu embrio dalam biji untuk melepaskan hormone giberelin. Giberelin bekerja secara sinergis dengan auksin saat terjadi perkecambahan. Giberelin diproduksi di semua bagian tumbuhan. Giberelin ini mendorong pelepasan enzim yang berfungsi menghidrolisis makanan cadangan sehingga terbentuklah energi. Energy ini digunakan untuk proses awal pertumbuhan dan perkembangan embrio dalam biji. Struktur yang pertama muncul dan menyobek selaput biji adalah radikula. Radikula merupakan calon akar primer. Radikula adalah bagian dari hipokotil. Selanjutnya,pada bagian ujung sebelah atas tumbuh epikotil  (calon batang).
       Kacang hijau
Nama umum
Indonesia :
Kacang hijau
Cina          :
chi xiao dou
Kingdom         :Plantae
Subkingdom    :Tracheobionta
Super Divisi    :Spermatophyta
Divisi               :Magnoliophyta
Kelas               :Magnoliopsida
Sub Kelas        :Rosidae
Ordo                :Fabales
Famili              :
Fabaceae
Genus              :
Phaseolus
Spesies : Phaseolus radiatus
           
CAHAYA…
Cahaya mempunyai pengaruh terhadap perkecambahan tumbuhan. Tetapi banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan oleh tiap-tiap tumbuhan itu berbeda-beda. Berikut adalah beberapa fungsi dari cahaya terhadap tumbuhan :
          Cahaya mutlak diperlukan dalam proses fotosintesis.
          Cahaya secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan setiap tanaman. Pengaruh cahaya secara langsung dapat diamati dengan membandingkan tanaman yang tumbuh dalam keadaan gelap dan terang.
      Sebaliknya, dalam keadaan terang tumbuhan lebih pendek, batang kukuh, daun Pada keadaan gelap, pertumbuhan tanaman mengalami etiolasi yang ditandai dengan pertumbuhan yang abnormal (lebih panjang), pucat, daun tidak berkembang, dan batang tidak kukuh.
                  berkembang sempurna dan berwarna hijau.
      Dalam fotosintesis, cahaya berpengaruh langsung terhadap ketersediaan makanan.
      Tumbuhan yang tidak terkena cahaya tidak dapat membentuk klorofil, sehingga daun menjadi pucat. Panjang penyinaran mempunyai pengaruh yang spesifik terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
        Panjang periode cahaya harian disebut fotoperiode, sedangkan reaksi tumbuhan terhadap fotoperiode yang berbeda panjangnya disebut fotoperiodisme.
Selain itu, ketersediaan cahaya bagi pertumbuhan tanaman sangat bermanfaat dalam proses :
1.      Perkecambahan
2.      Perpanjangan batang
3.      Membukanya hipokotil
4.      Perluasan daun
5.      Dormansi tunas
6.      Sistesis klorofil
7.      Gerakan batang
8.      Gerakan Daun
Apabila ditanam di tempat gelap, maka tanaman kecambah akan tumbuh lebih panjang daripada normalnya. Peristiwa itu terjadi karena pengaruh fitohormon, terutama hormon auksin. Fungsi utama hormon auksin adalah sebagai pengatur pembesaran sel dan memacu pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung. Hormon auksin ini sangat peka terhadap cahaya matahari. Bila terkena cahaya matahari, hormon ini akan terurai dan rusak. Pada keadaan yang gelap, hormon auksin ini tidak terurai sehingga akan terus memacu pemanjangan batang. Akibatnya, batang tanaman akan lebih panjang jika ditanam di tempat yang gelap, tetapi dengan kondisi fisik tanaman yang kurang sehat, akar yang banyak dan lebat, batang terlihat kurus tidak sehat, warna batang dan daun pucat serta kekurangan klorofil sehingga daun berwarna kuning. Peristiwa ini disebut etiolasi

Jika ditanam di tempat terang, maka kecambah akan tumbuh lebih pendek daripada yang ditanam di tempat gelap. Peristiwa itu juga terjadi karena pengaruh fitohormon, terutama hormon auksin. Seperti yang telah dijelaskan di atas, hormon auksin ini akan terurai dan rusak sehingga laju pertambahan tinggi tanaman tidak terlalu cepat. Akibatnya, batang tanaman akan lebih pendek, tetapi dengan kondisi fisik tanaman yang sehat, subur, batang terlihat gemuk, daun terlihat segar dan berwarna hijau serta memiliki cukup klorofil.


B.     KAJIAN HASIL PENELITIAN TERDAHULU
Berikut adalah tabel dan grafik pengamatan tinggi tanaman kacang hijau yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan :
Tabel Pengamatan

Hari ke-
Tinggi tanaman kacang hijau (mm)
Tempat Terang
Tempat Gelap
1
0
5
2
10
25
3
25
40
4
35
60
5
50
110
6
75
140

*Pengamatan dilakukan setelah 6 hari.

`     C.   HIPOTESA

Prediksi dari hasil penelitian ini adalah bahwa intensitas cahaya yang diberikan dalam porsi yang berbeda ini akan berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan bijji kacang hijau.









BAB III
METODE PENELITIAN

A.    POPULASI  DAN SAMPEL
v  Populasi : biji kacang hijau
v  Sampel   : 15 biji kacang hijau

B.     VARIABEL PENELITIAN
v  Variabel bebas
v  Cahaya Variabel terikat
v   Variabel kontrol         :

v  Botol aqua (sebagai wadah)
v  Kapas
v  Biji kacang hijau
v  Air

C.     DEFINISI VARIABEL
        Variabel bebas : 
Cahaya :15 biji kacang hijau tersebut di letakkan dalam 3 wadah. Wadah A diletakkan di bawah tempat tidur yang tidak terkena cahaya sama sekali, wadah B diletakkan di dalam rumah yang lebih banyak mendapat cahaya tetapi secara tidak langsung,dan wadah C di letakkan di luar rumah yang terkena cahaya secara langsung.
        Variabel terikat :
Tinggi kecambah : dari perlakuan yang berbeda dalam pemberian intensitas cahaya pada biji kacang hijau terbut menyebabkan adanya perbedaan tinggi kecambah.
        Variabel kontrol :
Dalam penelitian ini hal-hal yang mendapatkan perlakuan sama dari ketiga wadah A,B,dan C  tersebut adalah pemberian air,biji kacang hijau yang digunakan,kapas,dan botol sebagai wadahnya.


E.     PROSEDUR KERJA
ü  Siapkan botol aqua/ wadah
ü  Letakkan beberapa helai kapas didalam mangkok
ü  Basahi kapas dengan air secukupnya
ü  Letakkan 5 biji kacang hijau pada setiap wadah.

F.      JADWAL PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan selama 3  hari. Pada tanggal 19 agustus 2014 (sore) hingga 22 Agustus 2014.


G. HASIL PENELITIAN

Keterangan:
A.     wadah yang diletakkan dibawah tempat tidur
B.      wadah yang diletakkan di dalam rumah sehingga tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
C.     wadah yang diletakkan di luar rumah sehingga mendapat cahaya matahari secara langsung.
langsung, dan reaksi di tempat gelap lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan reaksi perkecambahan di tempat yang terkena cahaya matahari secara tidak langsung.




           
Berikut adalah table hasil penelitian

WADAH
BIJI
HARI KE…
I
II
III

A
I
2  mm
5 mm
12 mm
II
-
2,5 mm
7 mm
III
-
1,5 mm
5,5 mm
IV
-
1,5 mm
5mm
V
1  mm
4 mm
9mm





B
I
-
2mm
3,5mm
II
1 mm
3mm
4,5m
III
-
1mm
2,5mm
IV
-
2,5mm
5mm
V
-
2 mm
4mm





C
I
-
1mm
3mm
II
-
1,5mm
2,5mm
III
-
1mm
2mm
IV
-
-
1,5
V
-
0,5mm
1mm











BAB IV
PENUTUP

A.   SIMPULAN
Dari hasil penelitian dapat kita simpulkan bahwa cahaya dapat mempengaruhi proses perkecambahan biji kacang hijau. Proses pertumbuhan tumbuhan membutuhkan cahaya. Namun, banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda, begitu pula dengan tumbuhan kacang hijau.
Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap perkecambahan biji kacang hijau, biji kacang hijau yang diletakan ditempat gelap dan terang akan mempunyai perbedaan. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari secara langsung (terang) pertumbuhannya lebih lambat dan,biji kacang hijau yang diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung pertumbuhan atau perkecambahannya akan lebih cepat dari yang terkena cahaya matahari secara langsung. . Sedangkan, biji kacang hijau yang tidak terkena cahaya matahari (gelap) pertumbuhannya lebih cepat tinggi (etiolasi) Hal ini terjadi karena cahaya memperlambat/menghambat kerja hormone auksin dalam pertumbuhan meninggi (primer). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang telah dibuat sebelumnya telah benar.

B.   SARAN.
Sebaiknya percobaan dilakukan dalam waktu yang lebih lama agar terlihat lebih jelas dan lebih detail dalam menyimpulkan perbedaan antara tumbuhan yang berada ditempat terang dan berada ditempat gelap. Juga peralatan yang lebih komplit dan modern.




Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda